Minggu, 09 Maret 2014

Berjanji? InsyaAllah.



     .
weheartit

Besok ketemuan ya di anu, jam segitu ya.

Sip.” <- sok cuek.


Jangan lupa ya.


Ntar kasihtau aja.


Selang beberapa lama, si peng-iya tadi lupa akan janjinya yang akan menemui si pengajak. Termasuk mengingkari janji, bukan?


Nah, kali ini aku akan membahas sedikit tentang ‘INGKAR JANJI.’


Ya, janji adalah kata-kata yang sering diucapkan oleh setiap. Entah itu, aku, kamu, kita, mereka.

Banyak yang bilang, kalau janji adalah hutang. Maka dari itu, hutang harus dibayar.
Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang lupa membayar hutangnya. Sama seperti aku, tapi disini hutangnya bukan uang tapi janji. Jangan salah kapra. –“


Janji memang ringan diucapkan namun berat untuk ditunaikan. Betapa banyak orangtua yang mudah mengobral janji kepada anaknya tapi tak pernah menunaikannya. Betapa banyak orang yang dengan entengnya berjanji untuk bertemu namun tak pernah menepatinya. Dan betapa banyak pula orang yang berhutang namun menyelisihi janjinya.



“Tanda-tanda munafik ada tiga; apabila berbicara dusta, apabila berjanji mengingkari, dan apabila dipercaya khianat.” (HR. Muslim)

Nakutin ga sih? Garagara salah satu dari tanda-tanda itu kita bisa saja dibilang seorang yang MUNAFIK. Apalagi kalau semuanya.


Masuklah ke tahap aku akan memberitahu penyebab kenapa banyak orang yang ‘kadang’ ingkar janji.



1.Pelupa


Sorry, aku lupa. Sorry banget.


Iya, kemarin kamu nunggu ya? Maaf banget.


Tipe ini banyak banget pasti yang mengalaminya, ntah ini benaran lupa atau emang sengaja niat untuk lupa.


2.Ngobral Janji

Tipe ini yang ini agak sedikit buat kesal bisa dibilang. Dia bisa mengobral janji-janjinya kepada setiap orang di waktu yang sama. Biasanya sih, ini cowo yang ngelakuin.



3.Mengganggap Remeh


Tipe yang ini malah makin membuat kesal. Dia bisa mengganggap “Halah, janji doang. Besok-besok kan bisa.


Padahal, meremehkan sesuatu itu tidak baik.



4.Iseng


Ntah, tipe ini ada atau tidak. Dia iseng buat janji dengan orang lain padahal dia tidak sedang ingin berjanji. Hanya sekedar iseng.





Bagi aku pribadi sih, kalau emang mau janji ya mbok dipikir dulu, bisa atau engganya. 
Hanya sekedar ucapan ‘insyaAllah’ saja pun tidak apa-apa tapi dipikir dulu, sebelum malah kena amarah dari sang pengajak atau peng-iya.
Intinya, jangan berjanji bila susah untuk ditepati.


Di postingan kali ini, aku yang kecil ini tidak ada bermaksud untuk mengajarin, cuma sekedar memberitahu saja.



Oh iya, menurut kalian apalagi penyebabnya?

18 komentar:

  1. gini-gini, cowok itu manusia yang udah dari sono nya untuk memberi, dari kerja untuk memberi makan ke keluar dll, dari situ lah kita sering janji, bukan ngobral janji, sekarang apa? cewek ga mau kasih janji, apa pun itu dia cuma nunggu janji dari sang cowok, kapan pernah cewek mau beliin barang pake janji dulu, ngajak jalan pake janji? mana? karena cewek itu cuma nunggu & nunggu dan cowok lah yang memberi, maklumi lah ya HAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di setiap cewe dan cowo pasti ada pembelaan di tengahnya :|

      Hapus
  2. kau yang berjanji, kau yang mengingkari... mirip banget sama lirik lagu dangdut :3 janji tercipta itu untuk ditepati, bukan untuk diingkari...

    BalasHapus
  3. Cowok itu juga manusia,.. salahkan ia berjanji, bila dipaksa oleh seorang wanita untuk berjanji. Kadang kaum bani adam dikatakan tak berperasaan, sering menyakiti hati wanita, salahnya wanita sering “merasa” berlebihan (sensitif). Cewek pun juga, dipandangn sebagai manusia irrasional, mudah dibohongi, mudah dirayu (kok segitu percayanya, akalnya digunakanlah dengan baik).

    Kesimpulannya, cowok itu keren bila juga perasa, cewek itu keren bila juga seorang rasionalis.. *juts masukan aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cewek cowok sama aja. sama-sama manusia. itu stereotype yang dibuat masyarakat dan dipercaya sampe akhirnya kekal abadi. cewek cowok sama-sama punya perasaan, sama-sama pake logika. Semua tergantung manusianya aja. Jangan sexist :)

      Hapus
  4. Cowok bukannya sering ngobral janji, tapi kebanyakan spesies mereka itu pelupa. Jadi, kamu harus sering nagihin janjinya. Biar perlu teror aja sekalian kayak film horror.

    BalasHapus
  5. Terlalu sering berjanji kadang sering juga mengingkari. Ohya, kaya caleg capres gitu ya obral janji mulu implementasinya kaga ada .__.

    BalasHapus
  6. "Janji bakal ada buat kamu" <<< ini omongan doi setelah mama meninggal. Eh kesananya malah ngilang. Penyebabnya karna lupa. Kayak kakek2 -___-

    BalasHapus
  7. Kalo setiap harinya lupa mah emang dasarnya dia nggak niat buat janji -_-" Ke laut aja deh ya~

    BalasHapus
  8. Interesting posting. Tapi disini bukan masalah cowok atau cewek, itu tergantung manusianya aja. Jangan langsung sexist bilang cowok begini cewek begitu. Stereotype banget jadinya. Yang ada jadi malah saling menyalahkan, liat aja isi komentarnya jadi out of topic ke masalah cewek-cowok.
    Keep writing ya :)

    BalasHapus
  9. mirip caleg juga sih ini. pas kampanye mengobral janji palsu semua. tapi gak pernah ditepatin kalau udah jadi anggota dpr

    BalasHapus
  10. mana janji manismu?? sekadar nyanyi hehe :D
    udah nggak usah ubrukk, mending introspeksi diri aja, toh sebenernya cewe cowo itu sama aja lho.. jadi jngn pernh merasa jadi yg pling perfect sob :)

    BalasHapus
  11. tapi kadang udah bilang insyallah malah disahutin "yang pasti dong iya iya . enggak enggak jangan insyallah"

    BalasHapus
  12. cowok cewek sebenarnya sama saja :-) :-)

    BalasHapus
  13. Saya lebih suka gunakan kata InsyaAllah, tapi kalau memang sama sekali ngga bisa, ya saya tegaskan ngga bisa. InsyaAllah hanya opsi untuk yakin bisa, sedangkan kalau ragu bisa datang atau ngga saya biasa katakan, "Kayaknya ngga bisa datang, tapi insyaAllah kalau bisa aku kabari dulu.

    BalasHapus
  14. wah nggak enak bgt diphpin janji. apalagi janji cinta. duh

    BalasHapus
  15. Jadi malu. Karena kesibukan, kak Aci suka mengganti hari janjian atau waktunya. Bahkan gak jarang batal karena takut mengecewakan lagi. Tapi selama bisa dipaksakan pasti kak aci maksa nepatin janji sih.
    Sedang berusaha diperbaiki nih. Sedihnya, kadang, hal yang mendadak prioritasnya memang lebih penting dari hal yang dijanjikan dari jauh jauh hari. Jadi, itu yang bikin hati berat. Hahahaha..

    Post nya bagus dilla, bikin introspeksi diri.

    BalasHapus

Bagus atau tidaknya karya seseorang itu tergantung dari kritik atau pun saran yang di berikan. Comment atuhlah, jangan jadi silent reader! :))